SM/Gading Persada - PROLIGA: Wakil ketua tim panpelseri ketiga putaran kedua Proliga 2020 Agus Junjungan (dua dari kiri) memberikan keterangan dalam sesi jumpa pers, Kamis (12/3).

YOGYAKARTA, SM Network- Sejumlah even olahraga harus ikut terimbas akibat merebaknya wabah virus korona, mulai dari penundaan hingga tidak disaksikan penonton. Namun, hal ini tak berlaku pada kompetisi bola voli profesional di Indonesia, Proliga. Pada even yang sudah menginjak lebih dari lima musim ini bahkan jumlah penonton setiap serinya terus meningkat.

“Tidak terpengaruh korona bahkan jumlah penonton terus naik. Di setiap serinya rata-rata 4.000 sampai 5.000 an penonton,” jelas Direktur Proliga Hanny S Sukarty saat jumpa pers seri ketiga putaran kedua di Swiss Belboutique Jogja, Kamis (12/3).

Menurut Hanny, para penonton Proliga cenderung tak terpengaruh dengan menyebarnya Covid-19 karena dinilai sudah paham akan hidup sehat. “Para penonton tidak takut kok untuk datang tempat penyelenggaraan di setiap serinya. Mereka paham bagaimana hidup sehat sebagai cara mudah untuk mencegah terkena korona. Lagi pula kami juga sangat percaya panpel di setiap even sudah berusaha menciptakan berbagai macam langkah preventif,” tuturnya.

Sementara itu wakil ketua tim panpel Agus Junjungan memastikan pihaknya sudah menyiapkan banyak langkah pencegahan adanya korona selama Seri Jogja yang berlangsung, 13-15 Maret di GOR Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

“Meski belum sempurna, tapi kami berupaya semaksimal mungkin untuk fokus menjaga keamanan dan kenyamanan penonton di dalam GOR agar mereka tak cemas terjangkit korona,” sambung Agus.

Agus menjelaskan, pihaknya bakal menggandeng personel TNI/Polri dan petugas medis untuk mengawasi secara ketat penonton yang datang di GOR. Sejumlah pemeriksaan bakal dilakukan terhadap penonton mulai pengecekan suhu tubuh hingga pemeriksaan kesehatan jika ada diantara mereka yang mengeluhkan sakit.

“Para pemain di setiap tim juga akan dijaga ketat karena mereka kan aset tim. Nanti ada jalur khusus mereka masuk dan keluar GOR untuk meminimalisasi interaksi dengan penonton. Lalu kami hanya membuka empat pintu GOR dimana di beberapa sudut sudah tersedia cairan antiseptik untuk pencuci tangan,” ungkapnya.

Seri Jogja yang merupakan seri pamungkas babak reguler dipastikan tetap menyimpan keseruan meski di bagian putra, empat tim sudah dipastikan lolos final four. Yakni Jakarta Putra Pertamina, Jakarta BNI 46, Surabaya Bhayangkara Samator, dan Palembang Bank SumselBabel.

Sedangkan di bagian putri masih mencari satu tempat lagi yang akan diperebutkan dua tim yakni Jakarta BNI 46 dan Gresik Petrokimia Puslatda KONI Jatim. Satu tiket akan menyusul tiga tim lain yang sudah terlebih dahulu lolos yakni Jakarta Pertamina Energi, Jakarta PGN Popsivo Polwan dan Bandung bjb Tandamata.


Gading Persada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here