SM/Amelia Hapsari - Direktur PDAM Sleman, Dwi Nurwata

SLEMAN, SM Network – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Sembada Sleman telah menyiapkan sejumlah langkah untuk mengantisipasi dampak erupsi Merapi. Salah satunya adalah mengaktifkan sumber baru khususnya di empat wilayah meliputi Sleman, Condongcatur, Ngemplak, dan Pakem.

Pasalnya, pelayanan pada daerah tersebut memanfaatkan sumber air dari Umbul Wadon yang berhulu di Sungai Kuning. Jika terjadi erupsi, mata air yang terletak di lereng Merapi itu akan terimbas.

“Beberapa lokasi yang jalur pelayanannya mengambil dari Umbul Wadon, kami akan siapkan sumber baru. Sumber ini berupa sumur lama yang dulu non aktif akan difungsikan kembali,” kata Direktur PDAM Sleman Dwi Nurwata kepada Suara Merdeka, Kamis (12/11).

Sejak Oktober lalu, pihaknya sudah mulai membangun beberapa sumur beukuran kecil di empat wilayah tersebut. Kendati, kapasitas debit diakui belum sepadan dengan Umbul Wadon. Debit produksi Umbul Wadon mencapai 76 liter per detik sedangkan sumur yang dibangun PDAM hanya memiliki debit 50 liter.

“Mudah-mudahan bisa mencukupi, meski mungkin alirannya tidak sekuat ketika menggunakan sumber Umbul Wadon,” ujar Dwi.

Dia juga menyampaikan, jika terjadi erupsi, layanan PDAM bakal terganggu karena butuh waktu setidaknya satu hari untuk memindahkan jalur koneksi. Selama ini, Umbul Wadon menjadi sumber vital bagi PDAM Sleman, dan Kota Yogyakarta. Pengelolaan Air Minum Desa (PAMDes) di Kecamatan Cangkringan bahkan memanfaatkan mata air tersebut.

Jika sumber itu terdampak erupsi, ribuan pelanggan akan turut terkena imbas. “Di tempat kami, ada sekitar 8.000 pelanggan yang akan kena dampak,” ungkap Dwi.

Sementara ini, untuk mendukung ketersediaan sarana air bersih di barak pengungsian, PDAM Sleman telah berkoordinasi dengan BPBD. Suplai air tangki bagi pengungsi diambilkan dari sumber di Desa Bimomartani, Kecamatan Ngemplak yang lokasinya paling dekat dengan daerah evakuasi.

Droping air sudah dilakukan sejak hari pertama pengungsian pada Sabtu (7/11) lalu. Selain itu, PDAM juga memberi bantuan berupa air mineral kemasan Daxu yang merupakan produk sendiri.