Antisipasi Covid-19, Sumber Mata Air Disuntik Disinfektan

MAGELANG, SM Network – Pemkot Magelang terus berupaya keras dalam mencegah penyebaran virus corona (covid-19) semakin banyak. Masyarakat pun diminta untuk rajin mencuci tangan dan menjaga kesehatan tubuh setiap waktu. 

Namun, imbauan upaya pencegahan penularan virus corona tersebut bisa sia-sia jika saja air yang digunakan tidak bersih. Untuk itu, PDAM Kota Magelang berinisiatif menambahkan cairan disinfektan di semua sumber mata air yang ada.

“Kami buat sendiri cairan disinfektannya. Disinfektan disuntikkan di bak-bak penampungan di semua saluran PDAM Kota Magelang dengan tujuan mencegah corona,” ujar Direktur PDAM Kota Magelang, Muh Haryo Nugroho, Jumat (20/3).

Dia menuturkan disinfektan ini juga disuntikan di sumber mata air. Seluruh bak penampungan dengan kapasitas aliran 500 liter per detik itu untuk mengaliri lebih dari 30.000 pelanggan.
Dijelaskannya, sengaja disinfektan disuntikkan porsinya lebih banyak dari pada biasanya. Sebab, kadar disinfektan lebih tinggi, akan membuat kualitas air yang digunakan untuk cuci tangan atau mandi lebih baik.

“Kami harapkan air PDAM efektif membantu menghambat penularan virus corona,” katanya.
Selain itu, kata Haryo, PDAM membatasi pelayanan tatap muka di kantor. Meski demikian, pihaknya tak menutup penuh layanan langsung. Pegawai kantor tetap harus ngantor, tapi mereka harus pakai masker dan hand sanitizer. Adapun yang sakit harus tetap di rumah.
“Untuk layanan perbaikan, tetap stand by 24 jam,” tandasnya.

Dia meminta pelanggan untuk menjaga kebersihan bila datang ke PDAM. Perusahan plat merah milik Pemkot Magelang itu memfasilitasi para pelanggan yang datang ke kantor dengan menyediakan hand sanitizer, juga alat pengukur suhu tubuh.

“Ini sesuai dengan imbauan kepala daerah bahwa, layanan dioptimalkan lewat online. Tetapi jika tetap harus tatap muka, kami menyediakan peralatan khusus seperti masker, alat pengukur suhu, dan hand sanitizer,” jelasnya.

Pegawai PDAM juga tidak diwajibkan ke kantor. Terutama yang sedang sakit atau flu.
Pelanggan yang masih mengalami gangguan suplai PDAM, imbuh Haryo, disarankan untuk terus melapor secara online. Haryo menjamin layanan PDAM tetap optimal meskipun ada pandemi corona.

“Jika ada gangguan jangan ragu untuk melapor. Kami tetap melayani pelanggan secara optimal,” ungkapnya.


Asef Amani

3 Komentar

  1. 884416 845405Youve produced various good points there. I did specific search terms around the matter and found mainly individuals will believe your web site 568481

  2. 427323 146467Id require to verify with you here. Which is not 1 thing I generally do! I take pleasure in reading a submit that will make individuals think. Furthermore, thanks for permitting me to remark! 313090

  3. 705350 367897Simply a smiling visitor here to share the enjoy (:, btw wonderful style and style . 458508

Tinggalkan Balasan