Antisipasi Corona, Pemprov Jateng Siapkan 10 Rumah Sakit

SM Network – Presiden Joko Widodo secara resmi mengumumkan dua warga negara Indonesia di Depok, Jawa Barat, terinfeksi virus corona jenis baru (Covid-19). Hal tersebut membuat sejumlah wilayah siaga, salah satunya Jawa Tengah.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Tengah, Yulianto Prabowo mengatakan, telah menyiagakan 10 rumah sakit yang ada di wilayahnya untuk menjadi tempat rujukan. Sejumlah rumah sakit tersebut tersebar di sejumlah kabupaten kota.

“Sepuluh rumah sakit sudah kami nyatakan siap menampung pasien yang terkena virus Covid-19,” ujar Yulianto saat dikutip viva.

Sepuluh rumah sakit tersebut, lanjut Yulianto, di antaranya RSUP Dr Kariadi di Kota Semarang, RSUD Dr Moewardi Solo, RSUD Kardinah Kota Tegal, RSUD Prof Dr Margono Soekarjo Purwokerto, RSUP dr Soeradji Tirtonegoro Klaten, RSU Tidar Kota Magelang, RSUD dr Loekmono Hadi Kudus, RSUD Kraton Pekalongan, RS Dr. H Soewondo Kendal dan RSUD Banyumas.

“Semuanya tersedia ruang isolasi dengan menggunakan teknologi yang yang sama dengan ruang isolasi Tuberkulosis MDR (Multi-drug Resistant), yaitu menggunakan tekanan negatif,” ungkapnya.

Selain itu, dalam upaya pencegahan, dikatakan Yulianto, Dinkes Jawa Tengah menjaga ketat dan pengawasan di setiap wilayah pintu masuk ke Jawa Tengah. Seperti di Bandara Ahmad Yani Semarang, Bandara Adi Soemarmo Boyolali dan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

“Penumpang yang dari luar negeri akan kami beri Health Alert Card (HAC). Kemudian akan kami lakukan pemeriksaan, observasi, isolasi dan rujukan apabila ditemukan penumpang dengan ciri-ciri penderita virus Corona,” kata dia.

Yulianto juga menambahkan untuk seluruh masyarakat Jawa Tengah tak perlu panik meski sudah ada warga Indonesia yang terinfeksi Corona. Pihaknya juga akan mengirim 50 ribu masker ke setiap daerah.

“Kami minta kerja samanya dengan seluruh masyarakat, agar menjaga satu sama lain. Ini persoalan bersama, jangan panik. Apabila ada yang merasa gejala sama dengan penderita Corona, segera menuju rumah sakit rujukan,” tuturnya.


SM Network/viva

Tinggalkan Balasan