Angka Lahir dan Cerai Turun, Disdukcapil Temanggung Tetap Layani Warga Secara Online

TEMANGGUNG, SM Network – Kepala Kepala Bidang Capil, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Temanggung, Purwanti mengatakan, selama masa pandemi Covid-19 atau korona instansinya yang merupakan bagian dari pelayanan masyarakat tetap buka dan melakukan pelayanan administrasi kependudukan. Hanya saja untuk mencegah penyebaran atau penularan virus korona maka pelayanan dilakukan secara online.

“Sesuai aturan dari pemerintah, selama pandemi korona ini pelayanan tetap berjalan sebab memang kami melayani masyarakat. Hanya saja pelayanan ada yang dilakukan secara online dan untuk penerimaan dibatasi sampai pukul 13.00 untuk kemudian masuk proses pengerjaan. Tapi bisa juga melalui COD di mana berkas dikirim lewat J n T (jasa layanan kurir). Kita tetap akan memberikan pelayanan secara maksimal, meski agak berbeda dengan saat keadaan normal,”ujarnya kemarin.

Dikatakan, untuk mendapat layanan itu masyarakat bisa memanfaatkan layanan menggunakan ponsel pintar dengan membuka aplikasi “Temanggung Gandem” dan menginstalnya. Setelah masuk di web tersebut bisa memilih menu layanan yang diinginkan, seperti akta kelahiran, kematian, KTP, KIA, KK dan tinggal masuk ke pilihan masing-masing.

Sementara itu, selama masa pandemi ini angka kelahiran bayi dan angka perceraian di Kabupaten Temanggung grafiknya cenderung mengalami penurunan. Namun belum diketahui secara pasti hal tersebut apakah merupakan dampak dari pandemi korona atau tidak di mana ada imbauan untuk melakukan social distancing dan social pshycal.

Pada Januari 2020, kelahiran bayi tercatat ada sebanyak 1.232 lalu bulan Februari ada penurunan di angka 1.188. Kemudian Maret di angka 485 dan hingga akhir April 2020 semakin turun di angka 299 untuk kelahiran bayi berdasarkan akta yang dibuat.

Hal sama juga terjadi pada grafik angka perceraian di Kabupaten Temanggung, yakni pada Januari 2020, Disdukcapil Temanggung mengeluarkan sebanyak 11 akta perceraian, di bulan Februari nihil. Pada Maret 2020 dikeluarkan tiga akta perceraian, dan pada April 2020 mengeluarkan dua akta perceraian.


Raditia Yoni Ariya

2 Komentar

  1. 512083 407263Oh my goodness! a wonderful post dude. Thanks a good deal Nevertheless I is going to be experiencing trouble with ur rss . Dont know why Not able to sign up for it. Is there everyone acquiring identical rss problem? Anybody who knows kindly respond. Thnkx 298971

  2. 587497 976084You will find some fascinating points in time in this post but I do not know if I see all of them center to heart. Theres some validity but I will take hold opinion until I appear into it further. Great post , thanks and we want considerably far more! Added to FeedBurner too 795147

Tinggalkan Balasan