Anggota Satpol PP di Purworejo Usir Covid-19 Dengan Sebuah Lagu

PURWOREJO, SM Network – Seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Purworejo yang bertugas di dinas Satpol PP Damkar, memiliki cara unik untuk menekan penyebaran Covid-19, yakni melalui sebuah lagu berjudul ‘Pergilah Kau Corona’.

Memiliki nama beken Aryo Viraldo, Suharyono (52) menciptakan sebuah lagu bergenre rock n roll dengan tema mengusir virus korona. Lagu ciptaan Aryo Viraldo ini sudah dapat dinikmati oleh seluruh jagad penggelamar music, khususnya di Purworejo.

Diwawancarai Suara Merdeka, di Theo Music Studio yang berlokasi di Kelurahan Sindurjan Purworejo, akhir pekan kemarin, Aryo Viraldo, mengaku termotivasi untuk menciptakan lagu bertema Covid-19, untuk mengingatkan masyarakat akan dampak virus korona.

“Melalui lagu ini saya ingin memotivasi masyarakat untuk memerangi virus korona, dengan pesan-pesan didalamnya untuk selalu menjaga kesehatan, memakai masker saat keluar rumah, dan jaga jarak (Physical Distancing),” kata ASN asal Condongsari RT 1 RW 1 Krajan Kecamatan Banyuurip ini.

Dikatakan, lagu berjudul ‘Pergilah Kau Corona’ yang sudah dapat dinikmati masyarakat melalui platform music digital dan Chanel Youtube ‘Aryo Viraldo’ tersebut, diciptakan berdasarkan pengalamanya selama status masa tanggap darurat Covid-19 di Kabupaten Purworejo.

“Selama tanggap darurat Covid-19, saya mau kemana-kemana jalan ditutup, kesana ditutup, kesini ditutup, kemana-mana lockdown (bahasa di masyarakat), akhirnya saya pulang terus mandi dan nyanyi-nyanyi lockdown-lockdown-lockdown,” katanya.

Begitu seringnya kata lockdown diulangi dalam siulan Aryo Viraldo, kata-kata tersebut lantas memotivasinya untuk menjadikan sebuah lagu yang awalnya akan diberi judul lockdown. Namun judul tersebut urung digunakan mengingat di Indonesia tidak ada lockdown.

Aryo Viraldo mengatakan, lagu ciptaanya ini memakan waktu lebih dari satu bulan sampai dapat dilaunching. Dia bersama tim dari Theo Music Studio, sengaja mengemas lagu tersebut dalam video klip yang terkonsep, untuk memberikan kualitas terbaik kepada masyarakat.

Dalam video klip berdurasi lebih dari empat menit itu, Aryo Viraldo dan tim menceritakan kehidupan masyarakat di Kabupaten Purworejo yang terdampak Covid-19. Ia juga melibatkan kesatuan (Satpol PP Damkar), yang tidak henti-hentinya bertugas selama masa pandemi.

“Saya minta izin kepada komandan (Satpol PP Damkar Purworejo) untuk membuat klip yang berisi kegiatan Satpol PP, juga dari ASN, kepolisian, masyarakat dan pedagang, yang semuanya terdampak dari pandemi Covid-19 ini,” kata Aryo Viraldo.

Melalui lagu ini, Aryo Viraldo berharap dapat ikut serta dalam menekan penyebaran Covid-19. Ia juga ingin masyarakat menyikapi virus korona dengan kewaspadaan, namun tidak melulu dengan rasa panik, seperti dirinya yang tetap berkarya meski ditengah pandemi.


Heru Prayogo

Tinggalkan Balasan