SM/Asef F Amani - BERI MOTIVASI: Sekda Kota Magelang, Joko Budiyono memberi motivasi kepada ratusan anggota dan pengurus PMI se-Kota Magelang dalam ajang silaturahmi serta doa bersama di Taman Kyai Langgeng.

MAGELANG, SM Network – Sekda Kota Magelang, Joko Budiyono menebar motivasi kepada ratusan anggota dan pengurus PMI se-Kota Magelang. Hal ini mengingat PMI memiliki tugas pokok membantu kemanusiaan dalam kebencanaan tanpa diskriminasi dan melayani ketersediaan darah pada unit donor darah.

“Dua hal ini yang selalu menjadi bagian upaya ita untuk melaksanakan tugas-tugas kemanusiaan,” ujarnya di hadapan 350 anggota dan pengurus PMI se-Kota Magelang di Taman Kyai Langgeng, Sabtu (18/1).

Turut hadir pada kesempatan itu, para relawan dari TSR, SIbat, KSR Unit Perguruan Tinggi, Forum Remaja Palang Merah Indonesia (FORPIS), anggota PMR Wira, Pengurus PMI Kecamatan, Unit Donor Darah UDD, dan Staf PMI.

Joko menilai, PMI lekat dengan relawan. Secara bahasa, relawan dapat diartikan sebagai orang yang bekerja dengan hati dan sukarela, namun mulia karena membantu orang yang terkena musibah.

“Relawan tidak akan pernah menuntut keuntungan, karena mereka bekerja dengan hati. Imbalannya hanyalah dari Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa. Itu pasti akan diberikan karena kerelaan itu dari hati yang akan mempengaruhi pikiran-pikiran kita secara positif,” katanya.

Ia menuturkan, wilayah Kota Magelang sendiri bukan termasuk daerah yang rawan bencana alam. Dia merasa bangga lantaran relawan Palang Merah Remaja (PMR) dan PMI dari Kota Magelang dengan sigap dan tulus membantu orang yang tengah terkena dampak bencana di luar daerah.

“Saya sering dapat laporan, relawan PMI dan PMR dari Kota Magelang ini ternyata rajin di luar daerah. Ini membuktikan kegiatan kemanusiaan yang rela itu, tidak pandang bulu. Mau masyarakat mana, tidak tebang pilih. Yang terpenting kita selalu berbuat baik saja secara ikhlas,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua PMI Kota Magelang, Sumartono menjelaskan, selain untuk membangkitkan semangat para relawan, ajang silaturahmi antarpengurus dan anggota PMI ini dikaitkan dengan doa dan pembinaan awal tahun.

“Ini menjadi agenda tahunan PMI yang bertujuan untuk membangun ikatan emosional sesama relawan dan silaturahmi dengan semuanya,” jelasnya.


Asef Amani