Anggaran Dinkes Digeser untuk Tangani Corona

KEBUMEN, SM Network – Sekretaris Daerah Kebumen Ahmad Ujang Sugiono menyatakan ada penggeseran anggaran di Dinas Kesehatan (Dinkes) Kebumen untuk mennagani virus corona dalam jangka pendek saat ini.  

“Nanti akan kita bahas di gugus tugas. Kalau ini kan masih berlanjut ya. Sementara ini akan dilakukan penggeseran anggaran. Kemudian kita bekerjasama dengan swasta untuk ikut serta membantu penanganan Corona. Membantunya terserah mau barang atau apa,” terang Ujang.

Namun demikian, kata dia, jika indeks jumlah pasien yang berkaitan dengan corona terus menunjukan trend peningkatan, maka tidak menutup kemungkinkan pihaknya menerapkan kebijakan seperti disampaikan Presiden Jokowi.

Untuk doketahui, Jokowi menyebut, relokasi atau pergeseran anggaran itu ditekankan dari pos yang tidak prioritas. Sasarannya pada tiga poin. Pertama yakni mengenai penguatan bidang kesehatan dalam penanganan virus corona. Kedua, relokasi anggaran diperuntukan berupa bantuan sosial dari pemerintah untuk rakyat, dengan harapan bantuan ini mampu meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi.

Selanjutnya, relokasi anggaran dapat digunakan untuk memberikan insentif atau kemudahan bagi para pelaku usaha agar menekan kemungkinan terjadi PHK  ketika menghadapi persoalan virus corona.

Mencermati hal tersebut, pergeseran anggaran bisa dilakukan dari pos perjalanan dinas serta kegiatan yang melibatkan banyak orang. Mengingat, antisipasi penyebaran virus Corona itu dianjurkan tidak bepergian serta membatasi kegiatan yang melibatkan banyak orang. Sehingga jika anggarannya digeser untuk penanganan Corona menjadi lebih bermanfaat.  

“Tapi kita lihat aturannya dulu. Kalau aturannya boleh kita laksanakan. Coba nanti kita cermati aturannya seperti apa. Pokoknya yang penting kita sesuai ketentuan gitu aja,” terang Ujang.


Arif Widodo

2 Komentar

  1. 893060 591946Hey! Do you know if they make any plugins to protect against hackers? Im kinda paranoid about losing everything Ive worked hard on. Any recommendations? 885365

  2. 433251 386839I wish I had a dime for every bad write-up Ive read lately. I also wish other writers had your talent and style. Thank you. 368358

Tinggalkan Balasan