Anggaran AD Terpotong Empat Triliun

MUNGKID, SM Network – Anggaran Angkatan Darat (AD) terpotong Rp 4 Triliun pada tahun 2020 ini, hal tersebut disampaikan oleh Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Andika Perkasa, usai memimpin upacara penutupan wisuda Taruna/Taruni tingkat IV di lapangan Pancasila, kemarin.

Pemotongan anggaran tersebut menyebabkan sebagian belanja barang dan modal tertunda, termasuk yang berhubungan dengan alat utama sistem pertahanan (alutsista).

“Kalau anggaran Angkatan Darat (AD) itu empat triliun tahun ini yang dipotong, tetapi itu kan semua. Saya yakin itu semua lembaga institusi pemerintah dipotong, karena beban pemerintah berbeda. Jadi anggaran kami dipotong empat triliun itu bukan belanja pegawai, berarti hubungannya dengan belanja barang dan belanja modal yang ada hubungannya dengan alutsista,” ungkap Andika.

Potongan anggaran sebesar Rp 4 triliun ini berasal dari total anggaran tahun ini RP 56 triliun. Ia menegaskan bahwa potongan anggaran tersebut bukan berasal dari gaji dan tunjangan kerja.

“Jadi belanja pegawai gak boleh dipotong. Yang dipotong pembelian barang dan belanja modal. Yang tertunda banyak item misalnya pembelian senjata perorangan dan harus ditunda pembeliannya,” tegas Jendral TNI Andika.

Ia berharap agar situasi ini dapat segera membaik. “Ya tapi itulah situasinya mudah-mudahan cepat berakhir sehingga kita bisa take off kembali tahun depan kita bisa punya anggaran yangvlebih normal,” harapnya.


Dian Nurlita/Ita

5 Komentar

  1. Like!! Great article post.Really thank you! Really Cool.

  2. Hi there, after reading this amazing paragraph i am as well delighted to share my knowledge here with friends.

  3. I am regular visitor, how are you everybody? This article posted at this web site is in fact pleasant.

Tinggalkan Balasan