Anak Yatim Piatu di Panti Asuhan Mulai Terdampak Korona

TEMANGGUNG, SM Network – Pandemi Covid-19 atau korona yang terjadi di seluruh dunia, selain berdampak pada bidang kesehatan, pendidikan, dan sektor ekonomi, saat ini juga sudah mulai berdampak kepada kehidupan anak-anak yatim piatu di panti asuhan yang ada di Kabupaten Temanggung. Pasalnya, banyak panti yang mulai kekurangan donatur sehingga pengurus panti harus mengencangkan ikat pinggang bagaimana caranya agar kebutuhan bisa tercukupi.

Pimpinan Panti Asuhan Pangrekso Dalem Betlehem Temanggung Suster Sita Teresia mengatakan, saat ini memang pihaknya mengalami berbagai kesulitan. Lantaran, di masa pandemi korona ini mungkin pihak-pihak yang biasa berdonasi juga sedang mengalami keterpurukan. Sehingga saat ini untuk bantuan dana tunai agak kekurangan.

“Dalam kondisi saat ini kami sangat membutuhkan bantuan untuk anak-anak kami sebanyak 47 anak di panti ini. Dana itu bisa untuk membayar sekolah, listrik, air, biaya pengobatan untuk anak kami yang sakit, apalagi ada 3 anak yang menderita ashma yang sewaktu-waktu bisa kambuh, kami harus pontang-panting cari obat juga. Dampak pandemi Covid-19 ini sangat terasa sekali bagi kami,”ujarnya, kemarin.

Mengetahui hal itu, para istri tentara yang tergabung dalam Persit Kartika Chandra Kirana di bawah komando Ny Hetty Andika Perkasa kemudian memberikan bantuan untuk sejumlah panti asuhan yang ada di Kabupaten Temanggung. Bantuan didelegasikan kepada Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXVI Dim 0706 Temanggung Deviana David Alam.

“Ini merupakan amanah dari Ketua Umum Persit Ibu Hetty Andika Perkasa dengan membantu anak-anak yatim piatu di panti asuhan dengan nama program bakti sosial Jumat Berkah. Dalam situasi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini bantuan ke panti asuhan cenderung berkurang. Maka kami harapkan bantuan ini bisa membantu panti asuhan supaya dapat menghadapi kondisi saat ini, karena tentunya semua mengalami kesulitan,”katanya.

Persit sendiri memberikan bantuan kepada anak-anak yatim piatu di sejumlah daerah di Indonesia. Bantuan yang menyasar panti asuhan ini dimaksudkan untuk meringankan beban mereka karena terdampak pandemi korona. Di Temanggung ada tiga panti asuhan yang dibantu, yakni Panti Asuhan Pangrekso Dalem Betlehem, Panti Asuhan Muhammadiyah Putra, dan Panti Asuhan Darul Hadlonah. Bantuan berupa beras, telur, minyak goreng, dan gula pasir.


Raditia Yoni Aria

Tinggalkan Balasan