Ambil Momentum Hari Jadi Kebumen, DPRD Akan Gelar Legislatif Award

KEBUMEN, SM Network – Memanfaatkan momentum Hari Jadi Kebumen Ke-391, DPRD Kebumen akan menggelar Legislatif Award. Penganugerahan tersebut bakal diserahkan kepada sejumlah tokoh dan kalangan internal Dewan yang masuk nominator dan terpilih melalui mekanisme yang ditentukan tim independen. Penyerahannya pada sidang paripurna DPRD dalam rangka Hari Jadi Kebumen pada 21 Agustus 2020.

Rektor IAINU Kebumen Imam Satibi yang didaulat menjadi Ketua Legislatif Award mengatakan, penganugerahan tersebut sangat tepat diberikan pada momentum Hari Jadi Kebumen. “Program ini pun relevan di tengah-tengah pandemi Covid-19. Karena, kalau gelarannya hura-hura sosial, tentu akan berpotensi menjadi media transmisi virus yang berisiko pada timbulnya klaster baru terpaparnya warga Kebumen,” terang Imam.

Kegiatan tersebut juga dapat mendorong masyarakat untuk berkontribusi dalam membangun Kebumen yang lebih akademis. Dan pihaknya akan menjunjung tinggi netralitas dalam pemilihan nominator. Dalam Legislatif Award itu terdapat beberapa kategori yakni dari kalangan tokoh dan internal Dewan. “Untuk kalangan tokoh terdiri atas lima kategori,” imbuhnya.

Masing-masing yang terdapat nominator itu meliputi tokoh ispirator pemberdayaan kemiskinan dan tokoh inspirator pemberdayaan inklusif untuk difabel. Selain itu tokoh insprasi pemberdayaan ekonomi kreatif untuk generasi millenial, tokoh sejarawan muda lokal Kebumen dan tokoh aspirator perempuan Kebumen.

Adapun untuk kategori internal Dewan meliputi legislator favorit, legislator aspiratif, legislator perempuan aktif dan legislator disiplin. “Untuk pemilihan legislator favorit, tim seleksi menggunakan key performance indicators polling terbuka,” jelas Imam. Lebih lanjut, untuk pemilihan legislator aspiratif menggunakan indikator catatan keaktifan pemberian pendapat dan opini media.

Pemilihan legislator perempuan aktif menggunakan rekam jejak keaktifan di forum dan kunjungan kerja, sedangkan untuk pemilihan legislator disiplin menggunakan absensi dan notulensi kepatuhan pada tata tertib acara

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kebumen Yuniarti mengemukakan, Hari Jadi Kebumen memang momentum strategis untuk mengangkat nilai nilai dan potensi Kebumen. Pihaknya pun merespons melalui gelaran Legislatif Award. “Ini sebagai wujud apresiasi kami kepada tokoh yang dinilai memiliki kontribusi besar, khususnya dalam aspirasi dan inspirasi,” jelas Sheally, sapaan akrab Yuniarti Widayaningsih.

Sheally memandu langsung pembentukan tim seleksi independen yang diketuai Imam Satibi dengan Sekretaris Fuad Habib dari Forum Masyarakat Sipil (Formasi) pada Sabtu (8/8). Tim seleksi juga melibatkan berbagai unsur, mulai dari tokoh agama, tokoh masyarakat, sejarawan dan birokrasi.


Arif Widodo / K5

2 Komentar

  1. 533268 735492I always was interested in this topic and still am, regards for posting . 393637

  2. 955028 229345Superb read, I recently passed this onto a colleague who has been performing slightly research on that. And the man in fact bought me lunch because I came across it for him smile So allow me to rephrase that: Appreciate your lunch! 9508

Tinggalkan Balasan