Aman, Stok Pangan di DIY Selama 6 Bulan Kedepan

YOGYAKARTA, SM Network – Pemerintah Daerah (Pemda) DIY kiranya dapat menyicil lega lantaran amannya stok pangan di provinsi tersebut selama 6 bulan kedepan di tengah masih berlangsungnya pandemi Covid-19 saat ini. “Semoga pandemi Covid-19 tidak makin berkepanjangan, tapi setidaknya sampai saat ini stok pangan di DIY masih aman sampai 6 bulan kedepan,” kata Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY Yanto Aprianto, Minggu (12/7).

Yanto menjelaskan, amannya stok pangan di DIY tampak dengan ketersediaan jumlah komoditi pokok. Seperti sudah ada 17 ton lebih persediaan gabah seiring dengan terjadinya panen di beberapa daerah di DIY. Selain itu masifnya pembelian gabah dari petani yang dilakukan pemerintah.

Termasuk juga gula pasir yang saat ini dijual Rp 12.500/kg diketahui stoknya turut melimpah seiring dengan sudah kembali normalnya aktivitas perekonomian negara pengimpor gula pasir yakni India yang sempat lockdown, tapi sekarang sudah dibuka lagi dan mereka bisa mengimpor lagi gula pasir ke Indonesia.

“Sampai Desember mendatang masih melimpah. Mungkin ada harga dibawah Rp 12.500, tapi di Jogja paling cepat turun harganya. Diluar Jawa memang jmasih Rp 14 ribu, krn kami rutin operasi pasar terus mantau ke pedagang-pedagang juga agar gak jual mahal ke masyarakat. Kalau terjadi kami tegur,” tegasnya.

Tak hanya itu, komoditas lain yang keterserdiaannya juga aman adalah bawang merah dan bawang putih, serta cabai. Bawang merah misalnya saat ini ada di kisaran Rp 30 ribu-Rp 34 ribu per kg, lalu cabai mencapai Rp 18 ribu. “Bawang sempat tinggi tapi sekarang kan dah mulai panen seperti di Kretek misalnya di Kretek, Bantul. Lalu di luar DIY ada Brebes dan daerah Jatim jg sudah panen,” tandas dia.


Gading Persada

4 Komentar

  1. Like!! Great article post.Really thank you! Really Cool.

  2. Hi there, after reading this amazing paragraph i am as well delighted to share my knowledge here with friends.

Tinggalkan Balasan