Aksi Kepedulian, Akper Pemkab Purworejo Turut Antisipasi Penyebaran Covid-19

PURWOREJO, SM Network – Kepedulian turut berperan mengantisipasi penyebaran virus corona (covid-19) muncul dari berbagai pihak. Salah satunya dilakukan oleh Akademi Keperawatan (Akper) Pemkab Purworejo dengan membagikan poster kepada masyarakat berisi berbagai informasi mengenai covid-19 termasuk bagaimana pencegahannya.

Aksi kepedulian itu dikemas dalam kegiatan Gowes Sosial yang dilaksanakan akhir pekan kemarin, diikuti seluruh karyawan berjumlah 25 orang serta perwakilan mahasiswa dari tiga angkatan. Puluhan poster dibagikan di pasar, masjid, kantor desa, SD, PAUD, SMP, serta tempat-tempat area publik lainnya yang dilalui rute gowes. Gowes disertai aksi sosial itu dipimpin oleh Direktur Akper Pemkab Purworejo, Wahidin, menempuh rute sekitar 15 kilometer.

“Ini untuk mendukung program Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat), dengan mengajak masyarakat berperilaku hidup sehat. Sekaligus kita sosialisasikan pada masyarakat tentang apa itu virus corona, bagaimana gejala dan cara pencegahannya,” ungkap Wahidin.

Diibalik adanya wabah virus corona, menurut Wahidin, ada hikmah yang bisa diambil khususnya bagi para mahasiswa. Bahwa perawat kesehatan berada di garda paling depan, dengan segala resiko dan tanggungjawabnya. Oleh karena itu, perlu dipersiapkan segala  sesuatunya dan diperlukan adanya semangat serta kerja keras.

“Kami juga berharap pada masyarakat, khususnya para mahasiswa secara internal, untuk menyaring setiap informasi terkait perkembangan corona,” katanya.

Wahidin menambahkan, kegiatan Gowes Sosial sudah dilaksanakan sejak dua bulan lalu, setiap Jumat pagi. Pelaksanaan kegiatan ini didasari asumsi bahwa sebagai perawat kesehatan harus sehat, sehingga perlu menyempatkan waktu untuk berolahraga.

Dalam setiap pelaksanaan Gowes Sosial, juga diikuti kegiatan pengabdian pada masyarakat. Dicontohkan, pada pelaksanaan sebelumnya disertai mengajari anak-anak PAUD cara mencuci tangan dengan benar, juga memberikan bantuan sembako pada lansia yang hidup sebatangkara. “Kegiatan Gowes Sosial ini rencananya masih akan terus kami laksanakan,” imbuhnya.


Panuju Triangga

2 Komentar

  1. 528421 537595Music started playing anytime I opened this internet site, so annoying! 711394

  2. 37151 587770Your blog is showing a lot more interest and enthusiasm. Thank you so much. 419731

Tinggalkan Balasan