Ajak Warga Bayar PBB Sehari Lunas, Desa Karangrejo Beri Hadiah Sapi PO

KEBUMEN, SM Network –  Terobosan berani dilakukan oleh Pemerintah Desa Karangrejo Kecamatan Petanahan, Kebumen untuk mendorong warganya membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Bagaimana tidak, dalam kegiatan Pembayaran PBB Sehari Lunas di Balai Desa setempat, Senin (8/2) panitia memberikan hadiah utama bagi wajib pajak berupa satu ekor sapi Peranakan Ongole (PO).

Dalam acara yang dihadiri Wakil Ketua DPRD Kebumen Yuniarti Widayaningsih dan Camat Petanahan Sri Kuntarti itu, wajib pajak yang membayar pajak mendapatkan kesempatan kupon undian berhadiah. Bagi yang beruntung mendapatkan hadiah menarik dari pemerintah desa berupa satu ekor sapi PO.

Selain sapi, panitia juga menyediakan sejumlah doorprize. Antara lain ayam kampung, alat pertanian, perabotan rumah tangga, serta doorprize menarik lainnya. Kepala Desa Karangrejo Y Anifudin menjelaskan bahwa dia menginisiasi memberikan hadiah berupa anakan sapi PO untuk mempercepat proses penarikan PBB dari wajib pajak yang memiliki tanah dan bangunan di Desa Karangrejo.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengefektifkan metode pemungutan pajak PBB tepat waktu. Sehingga tidak akan ada denda,” ujar Anifudin kepada Suara Merdeka di sela-sela acara.

Apresiasi Terobosan

Kegiatan tersebut juga agar Pemdes Karangrejo lebih fokus dalam melaksanakan program dan kegiatan pembangunan. Baik yang bersumber dari Dana Desa, Alokasi Dana Desa dan sumber dana lainnya.

“Tentu kami akan lebih fokus, setelah beban untuk memungut PBB ini selesai dilaksanakan,” tandasnya.

Di Desa Karangrejo sendiri pagu PBB tahun 2021 mencapai lebih dari Rp 111 juta. Dari jumlah itu realisasinya lebih dari Rp 95 juta. 

Wakil Ketua DPRD Kebumen Yuniarti Widayaningsih SE mengapresiasi terobosan yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Karangrejo dalam rangka meningkatkan semangat warganya membayar PBB. Politikus perempuan Partai Golkar itu mengharapkan desa-desa lain di Kebumen memiliki inovasi yang sesuai kondisi masing-masing desanya.

“Kami juga mengajak kepada masyarakat untuk membayar PBB lebih awal,” tandas politikus yang akrab disapa Sherly tersebut.

Tinggalkan Balasan