WONOSOBO, SM, Network – Air Telaga Warna yang sempat mengering beberapa waktu lalu akibat pengaruh kemarau panjang dan disedotnya air untuk mengaliri lahan warga di sekitar telaga kini telah kembali normal seperti semula. Curah hujan yang tinggi beberapa pekan ini membuat air Telaga Warna yang megering cepat kembali normal.

“Air Telaga warna mulai pulih kembali satu bulanan ini, kalau sebelumnya memang mengering hampir setengahnya. Tahun-tahun sebelumnya setiap musim kemarau juga air menyusut, tapi kemarau beberapa waktu lalu termasuk yang paling parah.” Ungkap Adi Prasetyo salah satu petugas di wisata Telaga Warna.

Selain faktor kemarau panjang, banyaknya petani kentang yang menyedot air telaga menggunakan diesel di tepi-tepi telaga disinyalir ikut andil dalam mempercepat mengeringnya air telaga.

Hal senada juga dikatakan Ruhan salah sorang petugas lain di wisata Telaga Warna, surutnya air telaga warna yang terjadi pada musim kemarau lalu termasuk yang paling parah. Walaupun air telaga surut lebih dari setengahnya, namun menurutnya tidak menurunkan jumlah wisatawan yang penasaran dan ingin melihat keindahan telaga tersebut, ini terbukti setiap harinya pengunjung yang datang masih berkisar dua ratus sampai tiga ratusan, bahkan di akhir pekan pengunjung yang datang sekitar dua ribu sampai tiga ribu setiap harinya.

1 KOMENTAR