Afif-Albar Daftar di Hari Terakhir

WONOSOBO, SM Network – Bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Wonosobo dalam Pilkada 2020 Afif Nurhidayat dan Muhammad Albar akan mendaftarkan diri di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonosobo pada hari terakhir pendaftaran. Meski pendaftaran telah dibuka mulai, Jumat (4/9), Afif mengaku pihaknya akan mendaftar dihari ke-3 untuk persiapan yang lebih matang.

“Pendaftaran tidak jadi hari Jumat ini, kita akan mendaftar Minggu sekitar pukul 13.00. Untuk penundaan pendaftaran ya untuk mematangkan persiapan saja,” ujar Afif saat dihubungi, Jumat (4/9).

Sampai saat ini, baru satu nama paslon yang muncul dalam Pilkada Wonosobo. Ke tiga partai yakni, Gerindra, PPP, dan Perindo belum memberikan rekomendasi kepada nama yang akan diusung. Apakah akan mengusung nama sendiri ataukah bergabung dengan koalisi besar.

Ketua KPU Wonosobo, Asma Khozin menjelaskan, Pelaksanaan pendaftaran akan dilakukan pada tanggal 4 hingga 6 September 2020 di Kantor KPU Wonosobo. Untuk tanggal 4 sampai 5 akan dibuka pada pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB. Sementara untuk tanggal 6 September dibuka dari pukul 08.00 WIB sampai dengan 00.00 WIB.

“Berdasarkan koordinasi dengan berbagai instansi dibawah naungan Desk Pilkada, pendaftaran calon harus menerapkan protokol kesehatan. Kami berharap tidak ada pengerahan masa pada saat pendaftaran. Kalaupun ada pengerahan masa itu sia-sia, karena akan ada pembatasan orang yang boleh masuk ke halaman Kantor KPU Wonosobo,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakannya, yang diperbolehkan masuk ke halaman KPU itu hanya 50 orang dan dilengkapi dengan id card. Apabila tidak membawa id card, maka tidak diperbolehkan masuk dan id card akan diberikan satu jam sebelum pendaftaran. Selain itu, paslon Bupati dan Wakil Bupati diwajibkan untuk menyerahkan hasil swab test atau tes usap PCR Covid-19 pada saat pendaftaran. Tes ini dilakukan untuk menjamin kesehatan yang bersangkutan.

“Hanya 50 orang saja yang diperbolehkan masuk ke halaman KPU. Karena kita menjalankan PKPU 10 tahun 2020 bahwa batasan maksimal untuk pengumpulan masa adalah 50 persen dari kapasitas. Dari 50 orang tersebut yang boleh masuk hanya ketua dan sekretaris partai, calon Bupati dan Wakil Bupati. Yang lain hanya diperbolehkan di halaman,” bebernya.

Tinggalkan Balasan