Adaptasi New Normal, Koperasi Diminta Pulihkan Ekonomi Kerakyatan

KEBUMEN, SM Network – Koperasi dinilai strategis untuk menggerakkan ekonomi kerakyatan. Baik usaha mikro kecil menengah (UMKM), petani, petambak, perajin, nelayan, maupun lainnya. Terutama dalam beradaptasi dengan kebiasaan baru atau new normal.

“Koperasi juga hendaknya mampu menjadi sebuah organisasi yang bisa mewujudkan pemulihan ekonomi kerakyatan secara nyata dan signifikan dalam masa adaptasi kebiasaan baru ini,” kata Bupati Kebumen Yazid Mahfudz saat meresmikaan renovasi Gedung Dekopinda di Jalan Arungbinang, Sabtu (25/7).

Acara tersebut sekaligus syukuran Peringatan Hari Koperasi ke-73 tingkat Kebumen. Yazid pun mengajak para penggerak koperasi di Kebumen agar menjadikan Peringatan Hari Koperasi sebagai momentum untuk menjadi sarana penguatan kemandirian dan modernisasi koperasi.

Peresmian ditandai penandatanganan prasasti. Sedangkan tasyakuran dilaksanakan pemotongan tumpeng oleh Bupati Yazid dan diserahkan kepada Ketua Dekopinda Kebumen, Kadar.

“Alhamdulillah renovasi Gedung Dekopinda Kebumen telah selesai, semoga dapat meningkatkan kesejahteraan anggotanya dengan berlandaskan asas koperasi,” tuturnya.

Ditambahkan Yazid, koperasi juga harus segera bergerak dinamis mengikuti dinamika sosial ekonomi yang terjadi di dunia. Sebab, dunia saat ini bergerak dalam digitaliasi. Dan segala hal yang serba digital terbukti mampu bertahan ditengah terjangan pandemi Covid-19.

Sementara itu, Ketua Dekopinda Kebumen, Kadar menjelaskan, di Kebumen terdapat 555 koperasi. Dari jumlah tersebut, sebanyak 172 koperasi dibekukan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah. Adapun yang tidak aktif sebanyak 61 koperasi.

“Dari kondisi koperasi yang ada saat ini akan kita analisis dulu, baik secara kuantitas maupun kualitas. Selanjutnya dilakukan pemetaan dan dilaksanakan orientasi pembinaan,” terangnya.

Tidak kalah penting lagi, lanjut Kadar, yakni dilakukan pendampingan kualitas sumber daya manusia (SDM) terhadap insan koperasi. Terutama agar mandiri dan mengikuti perkembangan zaman.


Arif Widodo / K5

2 Komentar

  1. 649588 132656Aw, it was a actually good post. In concept I need to put in writing related to this in addition – spending time and actual effort to manufacture a outstanding article but exactly what do I say I procrastinate alot and no indicates find a approach to go carried out. 272788

  2. 394780 213118I appreciate your wordpress theme, wherever would you get a hold of it through? 196714

Tinggalkan Balasan