96.065 Surat Suara Mulai Disortir dan Dilipat

MAGELANG, SM Network – KPU Kota Magelang melibatkan sebanyak 11 warga untuk melakukan sortir dan pelipatan surat suara pada Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang tahun 2020. Proses sortir dan pelipatan direncanakan selama 2-3 hari ke depan.

Ketua KPU Kota Magelang, Basmar P Amron mengatakan, surat suara yang telah dicetak langsung dimasukkan ke gudang KPU di Gedung Panti Mandala Jalan Yos Sudarso Magelang, Sabtu (21/11). Kemudian per hari Senin (23/11) dilakukan penyortiran dan pelipatan oleh masyarakat.

“Ada 11 orang yang menyortir dan melipat surat suara ini. Rencana waktunya 2-3 hari, dan akan langsung disimpan di gudang,” ujarnya saat meninjau pelaksanaan penyortiran dan pelipatan, Senin (23/11).

Dia menyebutkan, jumlah surat suara yang dicetak sebanyak 96.065 lembar dan surat suara PSU (Pemungutan Suara Ulang) sebanyak 2.000 lembar. Adapun jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sendiri sudah ditetapkan sebanyak 93.609 pemilih.

“Surat suara PSU ini akan dipakai jika terjadi pemungutan suara ulang, tapi kalau tidak ada PSU maka tidak dipakai. Penyortiran dan pelipatan surat suara ini diawasi oleh Bawaslu dan juga dijaga oleh petugas serta aparat keamanan dari Polri,” katanya.

Komisioner KPU, Bambang Sarwodiyono menambahkan, petugas yang melakukan sortir dan pelipatan suara menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Sebelum masuk ke dalam gedung, mereka wajib mencuci tangan pakai sabun yang sudah tersedia di luar gedung.

“Mereka juga wajib memakai masker dan face shield serta jaga jarak satu sama lain. Satu orang disediakan satu kursi, meja, dan kotak kosong untuk tempat surat suara yang telah dilipat. Mayoritas ibu-ibu dan mereka diawasi petugas kepolisian dan dipantau Bawaslu,” ucapnya.

Di dalam gudang ini, katanya, juga sudah tersimpan kotak suara sebanyak 243 unit dan 466 botol tinta. Termasuk alat pelindung diri (APD), terdiri dari handsanitizer 285 botol, sabun cuci tangan 518 botol, desinfektan 309 liter, sarung tangan plastik 2.330 box, dan tisu 2.424 pak.

“Kemudian kantong sampah 515 buah, semprotan 235 unit, dan tempat air berkran serta ember penampung 467 unit. Untuk bilik pemungutan suara yang sebanyak 932 unit kita simpan di gudang KPU satunya di Jalan Sarwo Edhie Wibowo Magelang,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan