8 Perjalanan Kereta Tersisa di Daop 6 Jogja

YOGYAKARTA, SM Network –  Perseroan Terbatas (PT) Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta hanya menyisakan 8 perjalanan kereta api di tengah merebaknya pandemi Covid-19.

Hingga hampir satu bulan diketahuinya virus korona masuk Tanah Air, total sudah 142 jadwal perjalanan kereta di Daop 6 yang sudah dibatalkan perjalanannya.”Mulai 10 April besok hingga 23 April, kami menambah lagi jumlah KA yang dibatalkan. Jadi sudah 142 kereta yang kami batalkan perjalanannya. Termasuk kereta ekonomi Bengawan relasi Purwosari Solo – Pasarsenin Jakarta PP yang merupan KA PSO (Public Service Obligation) juga yang ikut dibatalkan,” tutur Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto, Kamis (9/4).

Menurut Eko, dengan pembatalan sejumlah kereta ini berarti tinggal 8 kereta yang beroperasi di Daop 6 Jogja. Kedelapan kereta itu terdiri dari Batara Kresna yang merupakan kereta feeder relasi Solo-Wonogiri PP serta kereta jarak dekat, Prambanan Ekspres (Prameks). Lalu sejumlah kereta jarak jauh seperti Joglosemarkerto, Kahuripan, Sri Tanjung, Ranggajati, Sancaka, dan Wijaya Kusuma.

“Adanya Covid-19 telah telah menghantam seluruh lini sektor kehidupan masyarakat termasuk  transportasi kereta api. Lalu ditambah jumlah penumpang yang sangat sedikit. Serta dilandasi niat baik untuk sukses mendukung pemerintah dalam mencegah rantai penularan virus korona maka pembatalan perjalanan kereta api menjadi alasan kami,” papar Eko.

Lebih lanjut Eko menerangkan untuk ratusan jadwal perjalanan kereta yang dibatalkan tersebut bisa jadi akan diperpanjang terutama kereta yang dari dan menuju Jakarta karena terkait penerapan Pembatan Sosial Berskala Besar (PSBB) di ibu kota RI itu.”Bisa jadi diperpanjang tapi lihat situasi kondisi terakhir nanti,” jelasnya.

Selain itu, mulai 12 April nanti, pihak PT Kereta Api Indonesia secara serentak mewajibkan kepada masyarakat calon penumpang yang akan naik kereta api harus menggunakan masker.”Jika tidak bersedia menggunakan masker tiket dikembalikan 100 persen,” tandas Eko.


Gading Persada/Kim

Tinggalkan Balasan