70 Persen Pasien Covid di DIY Tanpa Gejala


YOGYAKARTA, SM Network – Jumlah pasien positif Covid-19 di DIY per Jumat (18/9) tercatat 2.037 kasus. Sebagian besar dari kasus tersebut diketahui tanpa gejala.

Jika diprosentase, kasus konfirmasi asimptomatik atau orang tanpa gejala mencapai sekitar 70 persen.
Menurut Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY Berty Murtiningsih, pasien tanpa gejala tidak semuanya dirawat di rumah sakit. Beberapa ada yang menjalani isolasi mandiri namun tetap dalam pengawasan puskesmas setempat.

“Ada beberapa yang isolasi mandiri. Tapi kebanyakan dirawat di rumah sakit, rumah sakit lapangan atau rumah sakit bukan rujukan Covid yang ditunjuk oleh kabupaten/kota, dan shelter,” katanya, Sabtu (19/9).

Dari 2.037 pasien positif Covid-19, sebagian besar sudah dinyatakan sembuh. Jumlah pasien yang sembuh mencapai 1.471 orang. Namun demikian tetap diperlukan upaya dari pemerintah daerah untuk menyiapkan shelter bagi OTG, mengingat tren kasusnya yang cenderung masih naik.

Selain itu, kapasitas tempat tidur di rumah sakit rujukan jumlahnya terbatas. Berty menguraikan, total ketersediaan bed critical hanya ada 48 dan sampai dengan saat ini sudah 26 tempat tidur terpakai. Sementara itu, tempat tidur non critical hanya tersisa 158 bed dari total kapasitas 404 bed di rumah sakit rujukan.

“Pasien yang dirawat di non critical, 20 persennya tidak bergejala atau gejala ringan. Sedangkan yang di rumah sakit lapangan dan shelter, hampir semuanya tidak bergejala,” imbuh Berty.

Tinggalkan Balasan