Tujuh Wisatawan Asal Sleman Terseret Ombak Pantai Goa Cemara

BANTUL, SM Network – Tujuh orang dilaporkan terseret ombak Pantai Goa Cemara Bantul, Kamis (6/8). Peristiwa naas ini terjadi sekitar pukul 09.00 WIB saat korban, yang semuanya adalah warga Kecamatan Tempel, Sleman tengah berekreasi di pantai.

Selang beberapa waktu setelah kejadian, dua korban yakni Uli Nur (28) dan Ahmad Nur Fauzi (30), berhasil dievakuasi. Namun keduanya meninggal dalam perjalanan menuju Puskesmas Sanden. “Sesampai di puskesmas, kondisinya meninggal dunia. Sampai sekarang, tim masih mencari lima korban lainnya,” kata Humas Basarnas Yogyakarta Pipit Eriyanto.

Adapun identitas lima orang yang masih dalam proses pencarian masing-masing Joko Widodo (30), Muhammad Zafir ZA (8), Muhammad Rizki R (7), Ahmad Chairul (4), dan Muhammad Zidan (8). Seluruhnya tercatat bertempat tinggal di Desa Cemoro, Kecamatan Tempel, Sleman kecuali Muhammad Zidan yang beralamat Desa Ngentak, Kecamatan Tempel.

Pipit menjelaskan kronologi kejadian bermula saat para korban sedang asyik bermain bola di pantai. Tanpa disadari, tiba-tiba datang ombak besar yang kemudian menyeret tubuh mereka ke tengah laut. Pencarian korban melibatkan 50 personel SAR gabungan yang terdiri dari unsur Basarnas Yogyakarta, Polair, Posal, SAR Linmas, SAR DIY, dan warga setempat. Sejumlah peralatan seperti rescue car, rescue carrier, amphibious, dan beach patrol dikerahkan untuk mendukung proses pencarian.

Kasubsi Operasi Basarnas Yogyakarta Asnawi Suroso menjelaskan, operasi pada hari pertama ini dibagi menjadi 2 SRU. “Penyisiran darat dilakukan di seputar TKP ke arah barat dan timur pantai sejauh 500 meter,” terangnya.

Pencarian akan dilakukan kembali oleh tim SAR gabungan besok pagi mulai pukul 07.00 WIB. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) DIY sebelumnya telah memperkirakan, ketinggian ombak di perairan selatan Yogyakarta pada Kamis (6/8) termasuk kategori tinggi yakni kisaran 2,5-4 meter. Masyarakat juga sudah diimbau untuk mewaspadai potensi peningkatan tinggi gelombang.


Amelia Hapsari/Nan

5 Komentar

  1. Like!! Really appreciate you sharing this blog post.Really thank you! Keep writing.

  2. I am regular visitor, how are you everybody? This article posted at this web site is in fact pleasant.

  3. These are actually great ideas in concerning blogging.

Tinggalkan Balasan