SM/dok JELAJAH KAMPUNG: Segenap anggota Komunitas Kota Toea Magelang (KTM) mengikuti kegiatan jelajah kampung sebagai upaya penggelian sejarah nama kampung dan turut dalam melestarikannya.

MAGELANG, SM Network – Pembangunan di Kota Magelang tidak melulu berdasarkan pemikiran kepala daerah atau pejabat-pejabat tertentu saja. Akan tetapi, cukup besar pula peran serta dan partsipasi masyarakat dari ide, gagasan, perencanaan hingga pelaksanaan pembangunan.

Paritipasi masyarakat ini pun diakui oleh Pemerintah Kota Magelang. Bahkan, dinilai terus mengalami peningkatan, salah satunya terlihat dari capaian target Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang mencapai di atas 100 persen.

Peran dan partisipasi masyarakat memang tidak bisa dianggap remeh. Tak sedikit justru sangat membantu kinerja pemerintah dalam membangun kota yang sudah genap berusia 1.114 tahun pada 11 April 2020 ini.

Salah satu kelompok masyarakat yang cukup aktif berperan dalam pembangunan Kota Sejuta Bunga adalah Komunitas Kota Toea Magelang (KTM). Melalui berbagai kegiatan berbasis penggalian sejarah dan pelestarian cagar budaya, kelompok masyarakat ini turut andil dalam membangun kotanya.

“Kota Magelang ini kota yang menarik dari bangunan fisik hingga nilai sejarahnya. Kegiatan kami berkutat pada itu, yang harapannya memunculkan rasa cinta pada kotanya. Dari rasa cinta itu, maka akan peduli baik dalam pelestarian maupun pembangunan,” ujar Koordinator KTM, Bagus Priyana.

“Pemkot juga cukup sering mengundang kami di kegiatan FGD (focus group discussion) dan pembuatan master plan pembangunan kota. Di forum ini kami beri masukan. Beberapa masukan kami yang diterima, seperti pengembangan kawasan budaya Mantiasih, pembuatan joging track di Kali Kota, dan pengembangan kawasan Gunung Tidar,” jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito menegaskan, Pemkot Magelang selalu memberikan prioritas dalam pembangunan daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hasilnya sudah dapat dirasakan, salah satunya dilihat dari capaian PDRB Perkapita, tahun 2018 Rp 67,27 juta.

“Dengan semakin sejahtera masyarakat, maka paritisipasi dalam pembangunan juga akan meningkat. Salah satunya terlihat dari capaian target Pajak Bumi dan Bangunan yang mencapai diatas 100 persen,” tandasnya.

Ia menyebutkan, di tahun 2020 ini sudah terbentuk Forum CSR (Corporate Social Responsibility) yang merupakan forum para pengusaha sebagai mitra kerja pemerintah daerah dalam pembangunan. Forum CSR juga sangat berperan dalam penggalangan dana di luar APBD yang secara langsung dapat digunakan untuk membantu pemerintah dan masyarakat.

Kontribusinya, kata Sigit, sudah jelas, seperti membantu penanggulangan pendemi Covid-19 melalui pengadaan beberapa sarana di fasilitas publik. Di antaranya bilik penyemprotan desinfektan pada beberapa pasar dan ruang publik lain.

“Tahun 2019 lalu, terbentuk APSAI (Asosiasi Pengusaha Sahabat Anak), yang juga bersama-sama pemerintah memberikan kepedulian dalam pembangunan kota layak anak. Saya pikir ini adalah peran besar dari masyarakat dalam membangun kota kita tercinta ini,” ungkapnya.

Ia menambahkan, sejauh ini Pemkot selalu mengajak masyarakat untuk merumuskan kebijakan yang akan diterapkan. Caranya melalui forum Konsultasi Publik dan Musrenbang dari tingkat kelurahan, kecamatan, hingga kota.

“Melalui media sosial masyarakat juga banyak yang memberikan saran, kritikan, dan koreksi terhadap pelaksanaan pembangunan. Semuanya dianalisis, kemudian menjadi bahan untuk penyempurnaan dalam tahun-tahun mendatang,” imbuhnya.


Asef Amani

16 KOMENTAR

  1. Hmm it appears like your site ate my first comment (it was super long) so I guess I’ll just sum it up what I
    submitted and say, I’m thoroughly enjoying your blog. I as well am an aspiring blog writer but I’m still new to the whole thing.
    Do you have any suggestions for inexperienced blog writers?
    I’d really appreciate it.

  2. hey there and thank you for your information – I have certainly picked up something new from right here.
    I did however expertise some technical issues using this
    web site, since I experienced to reload the site a lot of times previous to
    I could get it to load properly. I had been wondering if your web hosting is OK?
    Not that I am complaining, but slow loading instances times will very frequently affect your placement in google and could damage your
    high quality score if advertising and marketing with Adwords.
    Well I am adding this RSS to my e-mail and can look out for much more of
    your respective exciting content. Make sure you update this again soon.