61 Pendaftar PPK Bakal Bersaing di Tes Tertulis

MAGELANG, SM Network – Sebanyak 61 pendaftar calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) akan bersaing untuk memperebutkan 15 jabatan anggota PPK yang terbagi di tiga kecamatan di Kota Magelang. Persaingan dimulai dengan menjalani tes tertulis di Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kamis (30/1) besok.

                Ketua KPU Kota Magelang, Basmar P Amron mengatakan, sebelum menjalani tes tulis, terlebih dahulu mereka melalui tahap seleksi administrasi. Dari total 73 pendaftar, hanya 12 pendaftar yang gagal.

                “Mereka yang tidak lolos, karena gagal memenuhi persyaratan administrasi. Seperti keabsahan ijazah, sudah menjadi PPK dua periode, dan faktor lainnya,” ujarnya di kantornya, Rabu (29/1).

Dia menuturkan, dalam materi tes tertulis, peserta dihadapkan pada 125 pertanyaan. Soal yang disediakan terdiri dari 4 varian yang berbeda.

“KPU akan mengambil 10 peserta perolehan nilai tertinggi di tiap kecamatannya. Totalnya ada 30 orang yang akan mengikuti seleksi wawancara,” katanya.

Tes wawancara, kata Basmar, dititikberatkan materi tentang kepemiluan, kewilayahan masing-masing kecamatan, dan integritas. Selanjutnya, akan dipilih 5 terbaik berdasarkan rapat pleno KPU Kota Magelang.

“Lima yang gagal lolos dalam tes wawancara ini juga bisa mengganti kalau-kalau terjadi PAW (pergantian antarwaktu),” tuturnya.

Dia menyebutkan, dari total 73 pendaftar PPK, 31 di antaranya adalah perempuan. Sementara pendaftar laki-laki berjumlah 42 orang. KPU resmi menutup pendaftaran pada Jumat, (24/1) lalu.

Pendaftar terbagi dalam tiga kecamatan. Masing-masing Magelang Utara 26 pendaftar, 20 orang di Kecamatan Magelang Tengah, dan 27 orang di Magelang Selatan.

Tes wawancara calon anggota PPK yang lolos seleksi tertulis akan digelar 8-10 Februari. Mereka yang berhasil lolos hingga tahap akhir akan dilantik 29 Februari 2020 mendatang. (Asef Amani)

2 Komentar

  1. 995604 59130Hey, you used to write outstanding, but the last few posts have been kinda boringK I miss your super writings. Past couple of posts are just just a little out of track! come on! 815239

  2. 736770 315059Some truly amazing articles on this site , appreciate it for contribution. 865871

Tinggalkan Balasan