560 pekerja Industri di Temanggung terima subsidi upah


TEMANGGUNG, SM Network – Sebanyak 560 dari 570 pekerja PT Putra Tama Jaya di Kabupaten Temanggung, menerima bantuan subsidi upah tahap pertama dari pemerintah. Bantuan tersebut untuk membantu para pekerja atau karyawan perusahaan yang selama pandemi ini terdampak secara ekonomi.

“Sebanyak 560 pekerja industri pengolah kayu tersebut sudah menerima bantuan subsidi upah dan telah masuk ke rekening mereka. Bantuan ini merupakan program dari pemerintah untuk mengurangi beban karyawan atau pekerja yang terdampak dari pandemi Covid-19,”ujar Kepala Cabang BPJAMSOSTEK Magelang Budi Santoso, usai penyerahan secara simbolis di kompleks Setda Temanggung, Senin (7/9).

Menurut dia, meski sudah ada ratusan yang diberi bantuan namun masih kurang 10 pekerja yang belum dibagi. Hal itu karena adanya kendala teknis seperti salah nama atau salah nomor rekening. Untuk keperluan tersebut saat ini tengah diurus agar segera selesai dan bantuan bisa segera dicairkan.

Secara keseluruhan, katanya BPJAMSOSTEK telah mengusulkan sebanyak 24.430 pekarja dari jumlah total 24.741 pekerja di Kabupaten Temanggung untuk mendapatkan bantuan upah subsidi. Penyaluran subsidi tahap pertama secara nasional 2,5 juta pekerja dan akan terus bertambah sampai target 15,7 juta pekerja secara nasional.

Disebutkan, pekerja yang diusulkan mendapat subsidi upah di wilayah kerja Cabang BPJAMSOSTEK Magelang, yakni Temanggung sekitar 24.000 orang, Wonosobo 10.000 orang, Purworejo 17.000 orang, dan Magelang sekitar 43.000 orang. Menurut dia, kendala dalam penyaluran ini ada beberapa perusahaan yang responnya kurang cepat untuk menyerahkan nomor rekening pekerja karena pihaknya hanya diberi waktu waktu selama dua minggu.

Selain itu, nomor rekening para pekerja ada yang tidak aktif, sehingga mereka harus memperbarui nomor rekeningnya. Bupati Temanggung M. Al Khadziq berharap pekerja yang telah diusulkan mendapat subsidi upah semoga semua memperoleh bantuan, karena bantuan tersebut memang dibutuhkan di tengah pandemi Covid-19.

Dia mengatakan, pemerintah telah menyalurkan sejumlah bantuan sosial di tengah pandemi ini, antara lain memperluas penerima program PKH, bantuan sosial tunai, dan BLT desa.

Tinggalkan Balasan