51 Peserta dari Berbagai Daerah Ikuti MHQ Daring

MAGELANG, SM Network – Meski di tengah pandemi Covid-19, Pondok Pesantren Daarunnajah MAN 1 Magelang tetap mengadakan Musabaqoh Hifdzil Qur’an (MHQ). Namun, berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, kali ini dilakukan secara daring dengan diikuti 51 peserta dari berbagai daerah di Indonesia.

Kepala MAN 1 Magelang, H Ali Masyhar mengatakan, lomba tetap dilaksanakan guna semarakan bulan Ramadan dengan tema “The 5th Annual of Ismail Qor’an Competition”. Hal ini sebagai motivasi agar para peserta dari kalangan pelajar tetap termotivasi untuk menghafal Al-Qur’an.

“Lomba ini kerja sama bilateral kami dengan alumnus tenaga pendidik dari AMINEF, yakni English Teacher Assistanship (ETA) tahun 2016, dalam hal ini Miss Safiyah Munzer Ismail dari North Carolina University USA,” ujarnya di ruang kerjanya, Rabu (13/5). Dia menuturkan, kalau tahun-tahun sebelumnya kegiatan dilaksanakan dengan dua agenda, yakni MHQ dan bakti sosial, namun tahun ini berbeda. Untuk kegiatan bakti sosial ditiadakan, dalam rangka mematuhi kebijakan pemerintah terkait physical distancing.

“Diharap dapat meningkatkan semangat menghafalkan Al-Qur’an bagi pelajar di Indonesia pada umumnya dan menumbuhkan daya tarik pelajar di tanah air untuk masuk ke PP Daarunnajah MAN 1 Magelang pada khususnya,” katanya didampingi Hj Lutfah Iin Setyorini selaku Counterpart ETA 2016.

Pembina Tahfidz PP Daarunnajah MAN 1 Magelang, Laila Sangadah menambahkan, lomba yang sudah berlangsung selama 5 periode ini dilaksanakan pada 8-11 Mei 2020 lalu. Dari 51 peserta diambil 13 pemenang utama dengan dua cabang lomba, yakni MHQ Al-Baqarah dan MHQ Juz 1 dan Tilawah.

“Pelaksanaan lomba pukul 20.00-22.00 atau 09.00-11.00 waktu Amerika setempat. Penjurian dilakukan secara daring melalui teleconference whatsapp oleh tiga juri. Salah satu jurinya Neng Silviyana Wirdatul Munawwaroh, Al-Hafidz dari Krapyak (juara 2 MHQ Internasional tahun 2017 di Iran),” jelasnya.

Menurutnya, MHQ ini memberikan dampak positif bagi penyelenggara maupun peserta lomba. Dengan adanya lomba ini diharapkan dapat membumikan semangat menghafal Al-Qur’an di kalangan pelajar dari seluruh Indonesia.

“Terpenting lagi, ini juga sekaligus ajang kita lebih memperkenalkan PP Daarunnajah MAN 1 Magelang yang saat ini dihuni oleh sekitar 170 santri. Di masa penerimaan siswa baru ini, kami membuka kesempatan untuk menerima santri baru sebanyak 2 kelas, yakni 72 santri,” paparnya.

Selain belajar di sekolah, kata Laila, para santri juga lebih memperdalam ilmu keagamaan di pondok dan mendalami Al-Qur’an baik tahfidz maupun tafsir. Termasuk Bahasa Inggris juga yang dipelajari sebagai bahasa internasional.

“Kalau sekolahnya kita ambil murid sekitar 560 atau sebanyak 16 kelas. Prestasi santri bagus, pernah kita kirim ke Amerika untuk lomba tahfidz,” ungkapnya yang menyebut lomba ini didukung penuh Waka Humas Tri Hartono.


Asef Amani

2 Komentar

  1. 828203 202769Yay google is my king aided me to locate this outstanding web site! . 998874

  2. 953711 690334Thank you for the auspicious writeup. It in fact was a amusement account it. Appear advanced to more added agreeable from you! However, how could we communicate? 883531

Tinggalkan Balasan