50 Kapling Wisata Kuliner Bakal Berdiri di Sekitar Bandara YIA

KULONPROGO, SM Network- Keberadaan Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) benar benar dimanfaatkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulonprogo untuk pengembangan kawasan wisata di sekitarnya. Tak tanggung-tanggung, puluhan tempat kuliner bakal dibangun tak jauh dari kawasan sekitar bandara baru di DIY itu.

“Kebetulan tahun ini kami dapat DAK yang salah satu sasaran pemanfaatannya yakni membangun pusat kuliner di Pantai Glagah. Pantai ini sangat dekat sekali dengan Bandara YIA,” papar Kepala Dinas Pariwisata Kulonprogo Niken Probo Laras, kemarin.

Tak tanggung-tanggung, karena rencananya di pusat kuliner itu akan dibangun sekitar 50 kapling untuk wisata kuliner. Kaplingnya nanti berupa gazebo dan lampu-lampu taman. Tak hanya itu, untuk menunjang aksesbilitas, ungkap Niken, Dinas Pariwisata Kulonprogo juga bakal merehabilitasi sebuah dermaga yang berada di sekitar kawasan pantai tersebut. Setidaknya ada satu dermaga yang memang sudah lama tidak terpakai dan akan direhab.

“Lokasinya (dermaga) itu setelah TPR. Direhab untuk nantinya terhubung dengan jogging track dan pusat kuliner tadi,” imbuh wanita berhijab itu.

Disinggung soal keamanan lokasi Pantai Glagah terhadap terjangan ombak, Niken memastikannya cukup aman untuk dijadikan lokasi kegiatan masyarakat. 

“Ombak juga sudah ada pemecahnya. Lalu hilir sungai juga tidak besar. Sungai Serang namanya, alirannya kecil. Makanya nanti pengembangannya bukan pada wisata perahu misalnya, tapi permainan anak, lokasi memancing dan kafe-kafe,” ungkap dia.

Niken menyebut, pihaknya memang sangat serius menggarap kawasan Pantai Glagah. Sebab, dari sisi pemasukan memang cukup menggiurkan. Berdasarkan pendapatan sepanjang 2019, sebut dia, kawasan wisata Pantai Glagah menerima pendapatan mencapai Rp 2,5 miliar setahunnya. Terlebih hanya berlokasi 1 km di selatan Bandara YIA, lanjut Niken, pihaknya juga ingin menjadikan kawasan Pantai Glagah sebagai kawasan wisata berkelas. Layaknya Bandara YIA.

“Kawasan Pantai Glagah memang terus kami kembangkan agar bisa layak dikunjungi tak hanya wisatawan lokal tapi juga wisatawan mancanegara. Karena lokasi wisata terdekat dari bandara ya Pantai Glagah ini,” tandas Niken.


Gading Persada

7 Komentar

  1. Like!! Great article post.Really thank you! Really Cool.

  2. Thanks for fantastic info I was looking for this info for my mission.

  3. I used to be able to find good info from your blog posts.

  4. 454577 711313Thank you for your details and respond to you. auto loans westvirginia 108133

  5. 866098 940961so a lot amazing details on here, : D. 932822

Tinggalkan Balasan