35 desa di Temanggung terima program PISEW

TEMANGGUNG, SM Network – Kepala Dinas Pekerjaan Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Pemkab Temanggung Hendra Sumaryana mengatakan, sebanyak 35 desa di Kabupaten Temanggung mendapatkan program Pembangunan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW). Hal ini selain untuk mendorong pembangunan juga membantu masyarakat.

“Kegiatan PISEW, berupa pembangunan jalan antardesa. Program ini, antara lain berupa pengaspalan jalan, pembuatan jalan beton, dan pengerasan jalan. PISEW ini terkait dengan pemberdayaan masyarakat berbasis padat tenaga kerja. Anggarannya diserahkan masyarakat, dikelola oleh masyarakat dan dilaksanakan sendiri oleh masyarakat,”ujarnya kemarin.

Disebutkan, sejumlah program PISEW itu antara lain berada di 13 kecamatan yakni, Parakan, Bansari, Bulu, Tlogomulyo, Tembarak, Kranggan, Pringsurat, Kaloran, Kandangan, Kedu, Ngadirejo, Bejen, dan Tretep. PISEW ini menggunakan anggaran dari pemerintah pusat, setiap kecamatan rata-rata mendapatkan alokasi dana Rp 600 juta sehingga total anggaran mencapai Rp 7,8 miliar.

“Jadi sebenarnya meski di tengah-tengah mendesaknya pembangunan jalan, lalu di sisi lain anggaran lagi digunakan untuk penanganan Covid-19 ternyata masih ada terobosan pembangunan. Ya seperti pembangunan jalan antardesa dengan dana dari pemerintah pusat ini,”terangnya.(K41)

Tinggalkan Balasan