SM/Dananjoyo : Pelaku wisata mengantarkan wisatawan berkeliling Malioboro, di Yogyakarta, Kamis (11/3).

JOGJAKARTA, SM Network – Sekitar 31.000 pelaku wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) masih menanti vaksinasi COVID-19. Jumlah tersebut meliputi jasa akomodasi pariwisata, pelaku desa wisata dan beberapa sektor pariwisata lain. Dinas Pariwisata DIY mencatat lebih dari 4.000 pelaku wisata telah menerima vaksin COVID-19.

Mereka adalah pelaku wisata dari Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) dan industri kreatif DIY. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharja, Kamis (11/3). “Lebih dari empat ribu sudah divaksin. Mereka kelompok PHRI dan pelaku kreatif. Yang belum sekitar tiga puluh satu ribu,” katanya.

Lanjutnya, Dinas Pariwisata Kota/Kabupaten masih terus melakukan pendataan penerima vaksin bagi pelaku industri pariwisata. Menurut Singgih, semua pelaku pariwisata dan kebudayaan diharapkan mendapat vaksinasi COVID-19 agar menambah kepercayaan diri, sehingga hal itu dapat berdampak positif bagi industri pariwisata.

“Karena itu menambah kepercayaan diri. Wisatawan yang datang ke Jogja juga percaya diri. Oh di Yogya semua pelaku wisata sudah vaksin kan gitu,” tegasnya. Pihaknya menekankan, meski vaksinasi telah dilakukan, namun penerapan protokol kesehatan (Prokes) bagi wisatawan wajib dilakukan, karena itu sudah menjadi persyaratan utama bepergian di tengah pandemi COVID-19.