284 Napi di Sleman Nikmati Remisi Kemerdekaan RI

SLEMAN, SM Network – Sejumlah narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (lapas) Kelas II B Sleman, dan Lapas Narkotika Kelas II A Yogyakarta memperoleh remisi umum peringatan HUT RI ke-75. Acara penyampaian remisi ini digelar serentak oleh masing-masing kepala daerah setelah melakukan video conference bersama Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoli.

Untuk Lapas Kelas IIB Sleman dan Lapas Narkotika Kelas IIA Yogyakarta, penyampaian remisi secara simbolis dilaksanakan oleh Bupati Sleman Sri Purnomo di Lapas Narkotika Kelas IIA Yogyakarta, Senin (17/8). Pada pemberian remisi kali ini, keseluruhan ada 284 napi yang memperoleh pengurangan masa hukuman.

Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan, remisi ini adalah warga binaan lapas. “Mereka yang sudah menjalani pembinaan di lembaga pemasyarakatan dengan baik, berhak mendapatkan remisi 17 Agustus,” katanya.

Pada kesempatan itu, dia berpesan kepada seluruh warga binaan agar menunjukkan sikap dan perilaku yang lebih baik lagi. Harapannya setelah bebas dapat kembali berbaur di tengah masyarakat.

Kepala Lapas Kelas IIB Sleman Kusnan menyampaikan, ada 136 warga binaan yang disetujui mendapatkan remisi umum. Rinciannya, remisi umum I sebanyak 132 orang, dan remisi umum II bebas 4 orang.

“Ada 138 warga binaan yang diusulkan remisi tapi dua orang tidak memenuhi syarat karena secara subtantif belum menjalani pidana, dan berkelakuan baik kurang dari 6 bulan,” jelasnya.

Sementara itu, di Lapas Narkotika Kelas IIA Yogyakarta ada 148 napi yang mendapat keringanan masa hukuman. Kepala Lapas Narkotika Yoyakarta Yohanes Waskito merinci, 145 orang diantaranya mendapat remisi umum I, sedangkan tiga orang diberi remisi umum II yang melanjutkan menjalani pidana penjara pengganti denda.


Amelia Hapsari

Tinggalkan Balasan