Resmi Usung Arif-Rista, PDIP Kebumen Buka Pintu Koalisi

KEBUMEN, SM Network – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) resmi mengusung H Arif Sugiyanto SH dengan Hj Ristawati Purwaningsih SST MM pada Pilkada Kebumen tahun 2020. Hal itu didasarkan pada surat rekomendasi nomor 1196/IN/DPP/II/2020 yang ditandatangani oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Arif Sugiyanto saat ini masih menjabat sebagai Wakil Bupati Kebumen. Sedangkan Ristawati Purwaningsih merupakan Wakil Ketua Bidang Pemberdayaan Perempuan DPC PDI Perjuangan Kebumen. Ristawati merupakan pemilik RSU Purwogondo, istri mantan Ketua DPRD Kebumen sekaligus mantan Ketua DPC PDIP Kebumen Cipto Waluyo.

Ketua DPC PDIP Kebumen Saiful Hadi menyampaikan bahwa menindaklanjuti rekomendasi tersebut, DPC PDI Perjuangan Kebumen segera melakukan langkah untuk mengamankan. Yakni melakukan konsolidasi internal, menjalin komunikasi politik dengan parpol lain dan melakukan persiapan pembentukan pasukan non struktural seperti para relawan Jokowi.

“Saat ini ada beberapa partai yang sudah bergabung yakni Partai Nasdem dan PKS. Selain itu komunikasi dengan DPC Partai Demokrat juga sudah final bergabung,” ujar Saiful Hadi  kepada wartawan dalam jumpa pers di Meotel Kebumen, Rabu (19/2).

Saiful Hadi menambahkan, sampai saat ini pihaknya masih belum melakukan penandatangan koalisi dengan partai lain. Meski demikian pihaknya masih membuka pintu koalisi dengan parpol lain di Kebumen termasuk yang tergabung dalam Sekber antara lain PKB, Gerindra, PPP, Partai Golkar.

Selain didampingi sejumlah pengurus PDIP Kebumen, jumpa pers dihadiri Ketua DPD PKS Kebumen Akbar Yuliastomo dan Ketua DPC Nasdem Kebumen Khamim Mualif serta sejumlah politisi dari kedua partai tersebut. Hadir pula fungsionaris PKB Kebumen Fuad Wahyudi ST. Terkait program utama, kata Saiful, pihaknya sudah memutuskan dengan pasangan Arif-Rista antara lain untuk fokus pada tiga hal.

Yakni membangun infrastruktur berupa jalan, jembatan dan irigasi yang saat ini tertinggal dengan daerah lain. Kemudian meningkatkan lapangan kerja mengingat angka pengangguran di Kebumen cukup tinggi. “Ketiga terkait kebutuhan pokok masyarakat yakni pangan, sandang dan papan masih butuh perhatian yang luar biasa,” ujarnya.

Bersama Membangun Dengan mengusung tagline Bersama Membangun Kebumen, imbuh Saiful Hadi pihaknya berharap PDIP bersama partai lain dan seluruh komponen akan bersatu membangun Kebumen agar tidak lagi menjadi kabupaten termiskin di Jawa Tengah. Disinggung alasan mendasar dipilihnya Arif Sugiyanto sebagi bakal calon bupati yang notabene buka kader PDIP, Saiful Hadi menyampaikan bahwa Arif Sugiyanto mendaftar melalui PDIP.

Kemudian berdasarkan survei yang bersangkutan sangat berpeluang menjadi pemenang. Selain itu Kebumen merupakan kabupaten termiskin di Jateng yang membutuhkan figur trengginas seperti Arif Sugiyanto untuk menuntaskan. “Pak Arif juga punya hubungan baik dari sisi kanan kiri, gandulane di atas juga cukup kuat,”  imbuh Saiful Hadi.

Sedangkan Ristawati dipilih karena dinilai memiliki kemampuan managerial yang baik. Terbukti dia dinilai sukses dalam mengelola Rumah Sakit Purwogondo. Selain itu, Ristawati juga kader perempuan yang dinilai cukup layak menduduki posisi wakil Bupati Kebumen. Saiful menegaskan pihaknya siap menghadapi kampanye hitam jika ada yang mengaitkan dengan status Cipto Waluyo suami Rista yang masih menjadi narapidana kasus korupsi.

“Istri tidak berarti mewarisi hal itu (korupsi), hak politik tetap dimiliki, ya kami tidak takut dengan black campaign karena sudah kita putuskan. Apapun keputusan Bu Mega akan kami menangkan,” tandasnya.


Supriyanto

Tinggalkan Balasan