25 Persen Calon Pengantin Hamil Diluar Nikah

WONOSOBO, SM Network – Dalam kurun waktu Januari hingga Juli tercatat 25 persen Calon Pengantin (Catin) di Wonosobo hamil di luar nikah. hal ini terungkap dari workshop tentang strategi penanggulangan perkawinan usia anak di Kabupaten Wonosobo secara online zoom meeting di Dinas Kominfo, rabu (15/7).

Wakil Ketua I TP-PKK Kabupaten Wonosobo, Ani Subagiyo mengatakan, untuk mengatasi hal itu, perlu sinergi dari berbagai pihak termasuk orang tua, yang berperan besar dalam memberikan pola asuh yang benar terhadap anak dan remaja dengan penuh cinta kasih dan sayang.
“Optimalkan peran orang tua dan pemenuhan fungsi keluarga dalam pengasuhan dan pengawasan kepada anak,” ungkapnya.

Menurutnya, perlu sinergi juga dalam pemberian penyuluhan kepada orangtua dan anak, bagaimana pentingnya sekolah, minimal wajib belajar pendidikan dasar 12 tahun dan penguatan pendidikan ilmu agama, serta melakukan perubahan paradigma orang tua tentang nikah anak.

Saat ini semua anak dibawah usia 19 tahun, jika akan menikah harus mendapat surat rekomendasi dari Puspaga (Pusat pembelajaran keluarga) yang menangani segala permasalahan petempuan dan anak, di bawah naungan KBPPPA. Setelah itu dilanjutkan sidang di PA, untuk menentukan anak itu bisa nikah atau tidak.

Ani Agus Subagiyo minta agar hasil workshop ini ditindak lanjuti ke tingkat dawis, dengan bersungguh sebagai upaya untuk mengurangi angka perbikahan usia anak. Sementara itu pesrta workshop melibatkan, Ketua TP-PKK Kecamatan se-Kabupaten Wonosobo beserta Ketua Pokja 1. Ketua pkk desa/ kelurahan binaan se-Kabupaten Wonosobo, serta Perwakilan remaja Kec se-Kabupaten Wonosobo. Dengan menghadirkan dua Nara Sumber dari PA Muchsin SH dan ketua PUSPAGA Herry siswanto.


Adib Annas M

5 Komentar

  1. Like!! Really appreciate you sharing this blog post.Really thank you! Keep writing.

  2. I am regular visitor, how are you everybody? This article posted at this web site is in fact pleasant.

  3. Your site is very helpful. Many thanks for sharing!

Tinggalkan Balasan