25 Hunian Rusus Kedungsari Resmi Ditempati

MAGELANG, SM Network – Rumah khusus (Rusus) di Kelurahan Kedungsari resmi dapat dihuni oleh warga terpilih yang sebelumnya mengikuti seleksi. Total terdapat 25 hunian rusus yang dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) tahun 2020 itu.

Perwakilan penghuni secara simbolis mendapat kunci rusus dari Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito di aula kantor Kecamatan Magelang Utara, Kamis (10/9). Turut hadir Sekda Joko Budiyono, Kepala Disperkim Handini Rahayu beserta pejabat lain, dan warga penguhuni rusus.

Kepala Disperkim Kota Magelang, Handini Rahayu mengatakan, 25 unit rusus Kedungsari sudah resmi diserahkan oleh Kementerian PUPR kepada Pemkot Magelang. Kemudian secara resmi kunci rusus diserahkan kepada 23 penghuni dan sudah bisa langsung dihuni.

“Total ada 25 unit, tapi yang dihuni hanya 23 unit. Adapun yang 2 unit merupakan cadangan. Rumahnya tipe 28 dengan dua kamar tidur, ruang tamu, kamar mandi, dan dapur. Sewanya hanya sekitar Rp 150.000 per bulan,” ujarnya di sela kegiatan. Dia menuturkan, dengan resminya 25 unit rusus di Kedungsari ini menambah jumlah hunian rumah yang diperuntukan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) menjadi total 254 hunian. Jumlah ini terdiri dari 3 rumah susun sewa (Rusunawa) dan 1 kompleks rusus.

“Rusunawa kita ada di Potrobangsan, Tidar Utara, dan Wates. Adapun rusus total 75 hunian, terbagi di Rusus Wates 50 hunian dan 25 hunian di Rusus Kedungsari. Mereka yang menghuni Rusunawa dan Rusus ini sudah melalui proses seleksi sebelumnya,” katanya.

Handini menyebutkan, durasi sewa rusus ini hanya maksimal 3 tahun dan bisa diperpanjang sesuai ketentuan yang ada. Warga penghuni pun diminta untuk menjaga betul rumah yang dihuni ini agar tidak rusak.

“Kami harap warga penghuni dapat menyisihkan penghasilan untuk persiapan memiliki hunian tetap secara mandiri. Jadi, ketika nanti selesai menempati rusus ini bisa pindah ke rumah sendiri. Bisa nabung sendiri atau melalui Bank Magelang,” jelasnya yang menyebut tahun depan mengajukan lagi 25 rusus di Kedungsari.

Sementara itu, Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito menyebutkan, kualitas bangunan rusus ini sanga baik. Seperti lantai rumah terbuat dari granit dan kamar mandi nyaman. Ia pun menilai rumah ini sudah sangat laik huni.

“Bahkan, yang Rusunawa itu saya lihat seperti apartemen. Karena kualitasnya yang bagus ini, saya berpesan agar penghuni dapat merawatnya dengan baik. Jangan sampai dioper ke orang lain,” tandasnya.

Ia mengaku, pemenuhan kebutuhan hunian masyarakat merupakan salah satu kewajiban pemerintah, selain juga kebutuhan pangan, pendidikan, dan kesehatan. Berbagai upaya pun dilakukan pemerintah untuk dapat menghadirkan hunian yang laik bagi rakyat.

“Masih banyak warga kita yang belum memiliki hunian layak. Kami pun selalu memikirkan itu. Maka, saya harap bapak-ibu yang sekarang menghuni rusus atau rusunawa berpikirlah untuk ke depan dapat memiliki hunian sendiri, sehingga bisa bergantian dengan saudara kita yang lain,” ungkapnya.

1 Komentar

  1. 977326 797427Outstanding post. I was checking constantly this blog and Im impressed! Extremely valuable data specially the last part I care for such information much. I was seeking this certain data for a long time. Thank you and best of luck. 101075

Tinggalkan Balasan