2 Pasien Corona di Indonesia Sembuh, Pulang Hari Ini

SM Network – Dua pasien virus corona di Indonesia dinyatakan sembuh dan hari ini bisa pulang. Mereka yang sudah negatif virus Covid-19 itu adalah pasien nomor 06 dan 14.  Mereka dinyatakan sembuh setelah menjalani tes untuk kedua kalinya, dan hasilnya tetap negatif. Tes pertama juga keduanya sudah negatif corona.

Pasien 06 seperti diketahui adalah seorang kru Kapal Diamond Princess yang sempat dibawa dari Jepang ke Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu, untuk observasi. Dengan dua kali negatif, maka sebenarnya kedua pasien tersebut sudah bisa pulang hari ini juga.

“Pasien 06 dan pasien 14 ini sudah dua kali diperiksa negatif. Artinya kita sekarang sedang mengedukasi mereka untuk persiapan pulang dengan melaksanakan self isolated,” kata Juru bicara khusus penanganan Covid-19 Achmad Yurianto, di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu 11 Maret 2020.

Meski sudah dinyatakan sembuh, bukan berarti virus itu tidak bisa masuk lagi. Walau sudah bisa pulang, tetapi kedua pasien ini tetap diminta untuk mengisolasi diri mereka, yakni menjauhkan diri sementara waktu dari keluarga dan lingkungan sekitarnya. Mereka juga harus tetap menggunakan masker, dan tidak melakukan aktivitas langsung di luar.

“Tentunya di dalam self isolated ini mereka tetap menggunakan masker, menghindari kontak dekat dengan keluarganya, tidak menggunakan alat makan dan minum bersama, kemudian mengurangi aktivitas di luar rumah terutama terkait aktivitas untuk bertemu dengan orang lain,” jelas Yurianto.

Kondisi kedua pasien yang sudah sembuh ini, sangat baik. Tidak ada keluhan apapun. Sehingga pemulangan terhadap keduanya sudah bisa dilakukan.

“Dan kita sebentar lagi akan mencoba mengkoordinasikan untuk bisa dikembalikan,” katanya.

Tinggalkan Balasan