161 Orang Positif, Kasus Korona di Temanggung Meroket

TEMANGGUNG, SM Network – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung, dokter Suparjo mengatakan, dalam dua hari terakhir kasus positif korona di wi wilayahnya terus meroket. Lonjakan tajam terjadi dalam dua hari terakhir, di mana ada sebanyak 96 orang dinyatakan positif dengan total ada 161 kasus Covid-19.

“Sejak Senin (8/6) malam kita sudah mendapatkan hasil dari swab yang kita kirimkan ke laboratorium ada 25 kasus yang positif.

Kemudian malam ini sampai pukul 20.00, ada tambahan lagi 71 kasus sehingga dalam dua hari terakhir ada tambahan 96 kasus, sehingga total positif COVID-19 di Kabupaten Temanggung ada 161 kasus,”ujarnya Selasa (9/6) malam.

Kendati demikian untuk kasus baru pihaknya belum bisa memilah itu klaster darimana sebab angka baru saja masuk dan masih perlu dilakukan pencermatan alamat masing-masing. Namun untuk menangani hal ini akan dilakukan upaya maskimal.

Dikatakan, setelah Lebaran tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid Kabupaten Temanggung melakukan rapid test kepada 5.054 orang kemudian yang reaktif ada 703 orang, dari sejumlah tersebut yang sudah diswab sebanyak 568 orang.

Namun, dari 568 orang yang telah dilakukan tes swab itu masih ada 100 yang belum keluar hasilnya.

“Tingginya angka ini semata-semata tim gugus tugas terus meningkatkan tracking, tes cepat, dan swab. Jadi kita secara agresif melakukan hal itu tujuannya supaya puncak kasus COVID-19 di Temanggung pada bulan Juni 2020. Harapannya kalau sudah mencapai puncak kemudian diikuti dengan penurunan di bulan Juli dan pada saatnya kita bisa memasuki new normal,”katanya.

Suparjo memperkirakan saat ini belum puncak kasus, karena masih ada yang belum keluar hasil swabnya dan dari yang positif ini belum dilacak kontak dekatnya semuanya.

Sementara ini baru dilakukan tracking kepada 137 orang yang reaktif ada 37 orang.

Langkah selanjutnya yang dilakukan adalah bagi yang positif COVID-19 akan diperiksa kemudian dipilah menjadi 2 kelompok, satu diisolasi di rumah sakit kedua dikarantina di luar rumah sakit. Mereka yang masuk rumah sakit yang bergejala sedang sampai berat atau ada penyakit penyerta atau bagi lanjut usia.

“Jumlah kasus kemungkinan masih akan terus bertambah karena saat ini belum mencapai puncaknya. Sedangkan untuk kasus baru berasal dari Kecamatan Tembarak 21 orang, Gemawang 17 orang, Ngadirejo 13, Kandangan 12 orang, dan Kecamatan Jumo 5 orang,”katanya.


(K41/Raditia Yoni Ariya)

6 Komentar

  1. Like!! I blog quite often and I genuinely thank you for your information. The article has truly peaked my interest.

  2. Thanks for fantastic info I was looking for this info for my mission.

  3. 426762 689476Intending start up a enterprise around the web involves revealing marketing plus items not only to girls locally, but somehow to several buyers who are web-based as a rule. e-learning 324217

  4. 406026 902113Keep up the fantastic piece of work, I read couple of posts on this internet site and I believe that your weblog is genuinely intriguing and holds bands of great information. 784534

Tinggalkan Balasan