ilustrasi

YOGYAKARTA, SM Network – Pemerintah bakal mulai menggelontorkan bantuan sosial (bansos) bagi masyarakat sebagai kompensasi adanya pandemi Covid-19. Di DIY, setidaknya ada 125 ribu kepala keluarga (KK) yang bakal mendapatkan bansos tersebut.

“Data penerima bansos di DIY itu ada 125 ribu KK. Tapi by name and by address-nya baru kami terima dari Kemensos (Kementerian Sosial) mulai Senin besok (20/4),” tutur Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aji.

Untuk besarannya, sebut Baskara, lebih dari Rp 220 miliar. Sebab, untuk satu KK akan mendapatkan bansos senilai Rp 600 ribu selama tiga bulan. Dan diberikan secara tunai.
“Itu nanti akan menerima selama tiga bulan yakni April, Mei hingga Juni. Data Kemensos itu data lama kami yang sudah pernah kami kirimkan, tapi nanti dicocokan lg. Yang meleset bisa geser. Yang akan berhak menerima bansos ini kriterianya seperti apa akan keliatan Senin besok (hari ini),” papar Baskara Aji.

Menurut dia, nanti pihaknya juga akan mencocokan kembali data tersebut dengan data yang diberikan Pemkab atau Pemkot. Dia pun berharap tidak ada perubahan data signifikan sehingga dana yang tersedia bisa mencukupi.

“Kalau tidak ada perubahan dananya masih cukup. Karena angka riil yang sudah diberikan Dinsos biasanya memang yang mendapat bansos. Tapi karena ada Covid ini kan ada data baru yang semula tidak dapat akhirnya menjadi sasaran karena terdampak Covid-19,” jelas dia.
Lebih lanjut dia menjelaskan, dari hasil koordinasi dengan Pemerintah pusat maka pemerintah pusat telah melakukan banyak pengurangan-pengurangan dari sisi belanja berkurangnya pendapatan akibat korona.

“Oleh karena itu, pendapatan di nasional berkurang maka otomatis DAU dan DAK yang tidak prioritas penangangan Covid-19 pun dikurangi termasuk yang transfer ke daerah. Hanya ada dua yang tak berubah yaitu DAK kesehatan dan DAK pendidikan. Sementara beberapa DAK yang dikurangi itu nanti akan dialokasikan lebih banyak untuk bidang kesehatan,” tandas mantan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga DIY itu.


Gading Persada

1 KOMENTAR