11 WNA India Dikarantina di Gunung Sempu

YOGYAKARTA, SM Network – Sebelas warga negara asing (WNA) India di Sleman yang dipastikan negatif penularan Covid-19, kini menjalani karantina di Balai Diklat Pemda DIY, Gunung Sempu, Bantul.┬áMereka ditempatkan di shelter itu sejak Rabu (29/4).

“Sebelas WNA India yang saat ini berada di Balai Diklat Gunung Sempu, semuanya dalam kondisi sehat,” kata Sekretaris Daerah DIY Kadarmanta Baskara Aji, Jumat (1/5).Masyarakat sekitar shelter diminta untuk tidak khawatir dengan keberadaan orang asing tersebut.

Kondisi kesehatan para WNA itu sudah dipastikan melalui serangkaian prosedur mulai dari rapid test hingga tes swab.Sebelumnya diinformasikan, ada 15 WNA India yang transit di Masjid Al Ittihaad Dusun Kocoran, Desa Caturtunggal, Kecamatan Depok, Sleman.

Para orang asing yang diketahui merupakan anggota jamaah tabligh internasional itu tinggal menumpang di masjid sejak pertengahan Maret 2020.Mereka tidak bisa kembali ke India karena negara asalnya sedang lockdown. Dari hasil pemeriksaan terhadap 15 WNA itu, empat orang diantaranya dinyatakan positif Covid-19 dan masih dirawat di RS Hardjolukito.

Menindaklanjuti teknis pemulangan warga asing tersebut, Pemda DIY telah berkoordinasi dengan Kedutaan Besar (Kedubes) India dan Kementerian Luar Negeri. “Kami sudah berkoordinasi dengan pihak Kedubes India untuk memulangkan WNA tersebut dengan cara repatriasi. Bagaimananpun juga, kita tetap harus memperlakukan dan memfasilitasi orang asing dengan baik,” tutup Aji.


Amelia Hapsari

1 Komentar

  1. 232270 650274hi there, your internet site is discount. Me thank you for do the job 404216

Tinggalkan Balasan